Kamis, 06 Maret 2014

_bumi dan Lapisannya_


BUMI
Sebuah bola batu besar yang disebut Bumi adalah salah satu dari 9 planet yang mengintari matahari. Sejauh diketahui, bumilah satu-satunya planet yang memungkinkan kehidupan. Dari semua planet, hanya bumi yang letaknya tepat, tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat dengan matahari. Sehingga suhu bumi tidak terlalu panas atau dingin. Kurang dari sepertiga permukaan bumi adalah daratan, sisanya lautan. Bagian dalam bumi terdiri dari lapisan batuan, yang mengelilingi unti bumi. Inti bumi terdiri dari besi dan nikel. Makhluk hidup bisa bertahan hidup di bumi karena kehidupan di bumi berjalan seimbang.

LAPISAN BUMI

ATMOSFER
            Bumi dikelilingi lapisan udara yang disebut atmosfer, tebalnya sekitar 2.000 km. Lapisan udara ini terutama mengandung nitrigen dan oksigen gas. Atmosfer menjaga bumi agar tidak terlalu ng panas atau terlalu dingin. Lapisan udara ini juga melindungi bumi dari sinar ultraungu dari matahari. Sinar ini sangat berbahaya bagi makhluk hidup.
            Di lapisan bawah atmosfer tersapat awan. Awan ini mengandung butir-butir air yang berasal dari uap air laut dan air daratan. Butir-butir air ini kemudian turun ke bumi sebagai hujan.
KERAK BUMI
            Lapisan batuan yang paling atas di permukaan bumi disebut kerak bumi (litosfer). Di bawah benua ketebalan kerak bumi mencapai 30-70 km dengan masa jenis 2,7. Tetapi dibawah lautan kerak bumi hanya mencapai 6 km. Suhu di bagian  kerak bumi mencapai 1.500 oC.
MANTEL BUMI
            Di bawah kerak bumi terdapat lapisan yaitu mantel bumi (asthemisphere), mantel ini merupakan lapisan batuan setebal sekitar 2.900 km yang bersifat panas. Di bagian bawah mantel suhu naik hingga 3.700oC, tetapi batuannya tetap padat karena beradadi bawah tekanan tinggi.
INTI LUAR
            Inti luar (barisfer) sangat panas karena proses radioaktif batuan di perut bumi, suhunya begitu tinggi sehingga sebaigian batuan meleleh dan kadang-kadang naik ke permukaan bumi. Lelehan yang keluar inilah yang dinamai lahar.
 Inti luar terdiri atas dua lapisan, yaitu inti dalam dan inti luar. Keteblan inti luar sekitar 2.000 km yang berupa lapisan encer bersuhu tinggi. Lapisan ini terdiri atas besi cair, suhunya sekiatar 2.200oC. Inti dalam merupakan struktur batuan yang  padat dan sangat keras dan menjadi pusat konsentrasi unsur besi.
INTI DALAM
            Inti dalam yang terdapat pada pusat bumi merupakan sebuah bola berdiameter 2.740 km. Bola ini terdiri atas besi dan nikel padat. Suhu di pusat bumi mencapai 4.500oC.

0 komentar:

Posting Komentar